Siklus menstruasi seharusnya berjalan dengan lancar dan stabil setiap bulan. Namun beberapa orang sering mengalami menstruasi terlambat. Kondisi ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan berpengaruh pada hormon serta kondisi kesehatan. Kira-kira apa saja yang memicu jadwal menstruasi datang terlambat?

Telat Datang Bulan

Menstruasi yang telat datang biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Berikut adalah beberapa hal yang dikenali sebagai pemicu telat datang bulan.

1.     Stres

Faktor pertama yang begitu banyak dikenali sebagai penyebab telat datang bulan adalah stres. Hipotalamus sebagai bagian otak yang mengatur terjadinya siklus menstruasi akan terganggu saat Anda mengalami stres. Jika Anda ingin mendapat siklus stres yang teratur maka sangat disarankan untuk tetap rileks dan mengubah gaya hidup agar merasa lebih tenang.

2.     Pemakaian Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat KB atau konsumsi pil KB juga bisa berpengaruh pada siklus menstruasi. Alat kontrasepsi diketahui mengandung hormon progestin juga estrogen. Keduanya akan mencegah terjadinya pelepasan sel telur. Biasanya butuh waktu kurang lebih 6 bulan setelah kontrasepsi untuk kembali mendapat siklus menstruasi yang lancar.

3.     Penurunan Berat Badan

Berkurangnya bobot tubuh secara drastis juga bisa menyebabkan menstruasi terlambat. Biasanya kondisi ini terjadi pada penderita anoreksia dan bulimia. Saat bobot tubuh kurang dari 10% bobot ideal maka fungsi ovulasi juga bisa terganggu. Akibatnya siklus menstruasi pun jadi tidak lancar.

4.     Obesitas

Kelebihan berat badan juga bisa berpengaruh pada kelancaran siklus datang bulan. Berat badan yang berlebihan bisa mengubah kondisi hormon dan berdampak pada siklus menstruasi. Jika ingin mendapatkan siklus menstruasi yang lancar, maka segera lakukan gaya hidup sehat untuk mengurangi bobot tubuh.

5.     PCOS

Polycystic ovary syndrome atau yang dikenal dengan nama PCOS juga menjadi salah satu pemicu siklus menstruasi tidak berjalan lancar. PCOS merupakan kelainan hormon yang menyebabkan fungsi dari indung telur tidak berjalan baik. Akibatnya, penderita bisa mengalami telat bahkan bisa juga tidak menstruasi.

Itulah 5 faktor yang bisa memicu menstruasi terlambat. Sebaiknya konsultasikan pada dokter jika kondisi ini terjadi berulang kali. Periksa secara menyeluruh dan temukan apa yang menjadi penyebab siklus datang bulan tidak berjalan lancar.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *