Lontong & Buras Ini Bedanya Ketupat Sering Dianggap Sama

Serupa tetapi tidak sama. Ini perbedaan ketupat, lontong, dan buras. Sama sama berbahan dasar beras.

Namun tiga makanan ini memiliki perbedaan dari bentuk, cara memasak, hingga bahan bahannya. "Lontong adalah makanan yang dibuat dari beras yang dicuci bersih, kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang," papar Executive Chef Santika Mataram Lombok, Nyoman Putra Yasa, saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (24/5/2020). Metode masak lontong biasanya direbus dengan air yang banyak.

Rasa lontong tawar seperti nasi. Lontong kerap disantap bersama sate. Ketupat umumnya berbahan dasar beras. Kulit ketupat terbuat dari daun kelapa muda yang dianyam menjadi bentuk tertentu, biasanya bentuk segiempat.

Kemudian diberi beras di dalamnya. Ketupat yang sudah diberi beras akan direbus selama beberapa jam hingga menjadi nasi padat. Ketupat biasa dimakan bersama opor ayam dan makanan berkuah lainnya.

Buras merupakan kudapan khas Suku Bugis. Buras mirip lontong. Namun bentuk buras lebih pendek dibanding lontong.

Biasanya buras menggunakan bahan beras yang dimasak bersama santan. Rasanya pun lebih gurih, tidak seperti lontong yang terasa tawar. "Buras menjadi makanan wajib untuk disajikan dalam beberapa acara besar Suku Bugis seperti pertunangan, pernikahan atau tahlilan," papar Eksekutif Chef Suwanta Hotel Four Points by Sheraton Makassar, kepada Kompas.com, Minggu (24/5/2020).

Cara memasak buras, biasanya dikukus selama 45 menit hingga nasi matang. Buras nikmat disantap dengan coto Makassar, conro, dan bakso.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*