Suka nonton drama Korea? Tentu tidak asing bukan dengan makanan yang namanya kimchi. Makanan khas dari negara gingseng ini rupanya sangat menarik untuk dicoba, Anda tidak perlu pergi ke Korea untuk bisa menikmati makanan ini, karena Anda pasti juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat kimchi enak dan mudah.

1. Siapkan Bahan

Tidak banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimchi, bahan-bahan tersebut diantaranya adalah 3 batang bawang perai, 2 kg sawi, 1 buah bawang Bombay. Anda juga membutuhkan bahan perendam, yaitu 3 sendok makan garam. 

Beberapa bahan halus lainnya adalah 200 gram gochugaru (bisa diganti cabai bubuk), 100 ml kecap ikan, 10 siung bawang putih, 4 sendok makan, setengah ruas jahe dan biji wijen secukupnya untuk ditaburkan ketika akan disajikan. Bahan-bahan tersebut sudah menggunakan bahan lokal, jadi Anda pasti bisa menemukannya di pasar terdekat.

2. Bersihkan Semua Bahan

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membersihkan semua bahan-bahan tersebut. Cuci sampai bersih sawi putih dan buang bagian-bagian sawi yang rusak. Kemudian, potong atau iris kecil-kecil sawi putih dan taburkan garam. Lalu, remas sawi putih hingga seluruh bagiannya terbumbui dengan merata.

3.  Mendiamkan Sawi

Langkah selanjutnya dalam membuat kimchi  adalah mendiamkan sawi selama kurang lebih 1 jam. Kemudian, setelah satu jam, Anda perlu mengaduknya kembali selama 30 menit dan mendiamkannya kembali selama 1 jam. Setelah itu, Anda perlu membuang air yang ada pada sawi lalu, cuci bersih dan tiriskan air sampai sawi dalam kondisi kering.

4.  Mencampur Semua Bumbu

Langkah terakhir, Anda tinggal mencampurkan semua bumbu yang telah disiapkan tadi. Pertama iris tipis bawang bombai dan juga daun bawang, lalu campurkan kedua bahan tersebut bersama semua bumbu yang lain. Terakhir, campurkan semuanya dengan sawi putih, pastikan semua bumbu tercampur secara merata.

Anda perlu memastikan soal rasa sebelum memasukkan kimchi pada toples. Langsung saja coba sedikit untuk mencicipi bagaimana rasanya. Setelah itu, jika memang ada yang kurang, langsung saja tambahkan bumbu lagi, misal kurang asin, Anda bisa menambahkan garam, kecap ikan, atau jika kurang manis Anda tinggal menambahkannya gula.

Jika sudah yakin dengan rasanya, Anda bisa menyimpannya dalam toples. Lalu, letakkan pada tempat dengan suhu ruangan. Durasi penyimpanannya kurang lebih dua hari dan setelah itu, Anda bisa langsung menikmati kimchi rumahan yang nikmat.

Itulah tadi resep dan langkah-langkah dalam membuat kimchi. Sangat mudah sekali bukan. dengan begitu Anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke Korea untuk bisa menikmati kimchi, karena sekarang Anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk resep makanan unik lainnya, bisa langsung saja kunjungi Orami, ada banyak sekali ide resep yang menarik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.