Saat ini sudah ada beberapa tipe printer di pasaran, seperti printer inkjet, printer laser dan juga printer infus. Namun apa bedanya? Jika selama ini yang kamu tahu semua mesin printer adalah perangkat pencetakan yang juga bisa melakukan pemindaian dan penyalinan, kamu benar. Namun ada perbedaan lagi dari ketiga model tersebut. Dan, sebaiknya kamu memiliki mesin printer sendiri di kos atau di rumah.

Coba pikirkan baik-baik. Misalkan pada suatu malam kamu harus mencetak tugas kuliah di warnet atau rental PC, biaya pencetakan akan jauh lebih tinggi daripada menggunakan printermu sendiri. Selain itu, harga printer saat ini juga sangat terjangkau. Dengan harga 1-2 juta rupiah (setara dengan harga handphone android), kamu sudah bisa mendapatkan printer baru di rumah. Namun ingatlah bahwa sebelum membeli, kamu harus tahu dulu mana yang sepertinya paling sesuai dengan keperluan, supaya pengeluaranmu tidak berlebihan di kemudian hari.

 

  1. Mesin printer inkjet

Banyak orang menganggap memiliki printer sebagai investasi besar. Apalagi kalau beli baru. Mengingat ada banyak merek yang merilis beberapa jenis printer dengan harga yang berbeda, salah satunya adalah printer inkjet, hal ini tidak sepenuhnya benar. Tidak masalah jika kamu mencetak ratusan halaman dalam sebulan. Bisa hitam putih atau berwarna. Printer inkjet sudah memiliki kemampuan dasar untuk mencetak dokumen ataupun foto. Namun, printer ini memiliki kekurangan yaitu jika kamu sampai lupa untuk mengisi ulang tinta dalam waktu lama, kartrid akan mengering, dan jika rusak, terpaksa harus mengganti printer dengan yang baru.

 

  1. Printer infus/tangki tinta

Apabila kamu ada dana lebih dan khawatir lupa mengisi ulang tinta untuk mengeringkan kartrid, printer infus adalah pilihan yang menarik. Karena tangki tinta dan kartrid sudah terhubung di dalam printer, kamu dapat memantau konsumsi tinta setiap waktu secara lebih detail. Pengisian ulang tinta pada printer infus juga sangat mudah. Model printer ini memiliki fitur anti bocor dan tangki yang otomatis menutup saat tangki penuh.

Selain itu, sekarang sudah banyak printer infus yang dapat digunakan untuk memindai dan menyalin dan cocok untuk semua jenis tugas. Tidak perlu lagi terburu-buru sepanjang malam untuk menyalin catatan kuliah atau memindai foto untuk laporan. Mulai dari Rp 2 juta, kamu pun sudah bisa membawa pulang printer infus all-in-one.

 

  1. Mesin printer laser

Printer laser jenis ini cocok untuk orang yang ingin mencetak dengan cepat tetapi tidak keberatan untuk sering-sering mengisi ulang tinta printer. Cocok untuk penggunaan di kantor dan toko, printer laser ini memberikan kualitas warna yang tajam hanya dalam hitungan menit. Printer laser juga bisa membuatmu menghemat lebih banyak waktu dengan mencetak lusinan salinan sekaligus.

Jadi, sudah tahu mau membeli printer inkjet, printer infus atau laser? Apapun pilihanmu, sesuaikan dengan dana dan kepentingan masing-masing ya. Jangan sampai salah pilih! Selain itu, jangan lupa untuk membeli hanya di toko resmi agar kamu mendapatkan garansi dan jaminan mesin original dari pabrik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.