Tips Agar Mobil Raize Jadi Lebih Tahan Lama

Lalu lintas yang berada dalam kondisi macet, padat dan juga ditambah dengn cuaca yang panas tentunya bisa membuat mobil beserta juga dengan komponennya jadi bekerja lebih keras. Itu berlaku untuk semua mobil, tidak terkecuali dengan mobil Raize milik Anda. 

Jika tidak dilakukan service dan juga perawatan secara rutin, maka hal tersebut bisa mengakibatkan kendaraan jadi cepat rusak dan berusia pendek, sehingga mobil akan mudah rusak dan tidak tahan lama. Sebagai pemilik mobil tentunya disini Anda ingin mobil yang dimiliki tetap awet dan juga tahan lama. Sementara untuk memastikan mobil jadi lebih tahan lama, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain :

Apa Saja Tips yang Dapat Dilakukan Agar Mobil Jadi Lebih Tahan Lama ?

 

  • Panaskan Mobil dan Cek Kondisi Ban

Tiap jenis mobil tentunya dilengkapi dengan pelumas yang mana di sini bermanfaat sebagai pelapis ketika komponen mesin bergesekan, begitu juga pada Toyota Raize. Agar pelumas tersebut tersebar merata, maka perlu untuk mesin dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai. Anda perlu memanaskan mobil sesuai dengan pemakaiannya. 

Jika mobil tersebut jarang sekali dipakai, maka pemanasan perlu dilakukan agak lama. Setidaknya sampai suhu dan mesin tersebut panas atau jarum indikator yang ada di dashboard menunjukkan bahwa mesin telah panas. Namun jika mobil di sini dipakai untuk kegiatan sehari-hari, maka Anda bisa melakukan proses pemanasan mobil tersebut dengan cepat.

Proses memanaskan mesin kendaraan ini sangatlah berkaitan dengan tahan lama dan tidaknya kendaraan tersebut. Dengan Anda rutin memanaskan mobil, maka nantinya mesin bisa terhindar dari beban yang tiba – tiba dan mobil jadi lebih awet. Ketika mobil dipanaskan tersebut, Anda bisa juga melakukan cek kondisi ban serta perlengkapan lain seperti contohnya lampu dan kopling.

  • Ganti Oli Mobil Secara Teratur

Di samping penjagaan kualitas tersebut, yang Anda perlu perhatikan adalah penggantian oli mesin mobil ini. Kapasitas oli dan waktu penggantian harus benar-benar tepat dan sesuai dengan ketentuan yang telah dtentukan pabrik supaya mobil tetap terjaga kualitasnya.

Agar mobil Anda jadi lebih awet dan tahan lama, maka langkah penting yang perlu dilakukan di sini yaitu Anda perlu mengganti oli mobil dan juga filter secara teratur sesuai dengan waktunya. Sebagai bagian penting dari kendaraan, maka disini oli harus memiliki peranan dalam mengurangi gesekan antar komponen peredam getaran, pendingin, pembersih kotoran bahkan hingga anti karat dalam mesin. 

Mengganti oli memang tampak sebuah pekerjaan yang mudah dilakukan, tetapi tetap harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi kesalahan. Sebelum mengganti oli, sebaiknya Anda mengeluarkan terlebih dahulu oli yang sudah dipakai yaitu dengan membuka penutup oli di bagian bawah agar semua oli keluar beserta kotorannya. Anda bisa menampungnya dalam ember atau wadah yang cukup untuk menampung semua olinya.

Kalau sekiranya sudah keluar semua, Anda hendankya segera menutup rapat-rapat agar tidak bocor nanti sewaktu Anda memasukkan oli baru. Nah setelah itu Anda bisa memasukkan oli ke dalam mesin di bagian untuk memasukkan mesin. Untuk diperhatikan, kapasitas oli yang ditetapkan untuk mobil ini adalah 5,6 liter sehingga pastikan ukurannya pas jangan sampai kurang atau berlebih.

Oli yang bekerja secara terus – menerus nantinya akan terekspos oleh panas dan udara. Sehingga hal ini dapat mengurangi usia dan daya tahan dari mobil itu.

  • Bersihkan Mobil Agar Tidak Berkarat  

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu di sini Anda perlu membersihkan mobil secara rutin agar bagian mobil Anda tidak berkarat. Perawatan di sini tanya fokus untuk bagian mesin saja namun juga untuk komponen di bagian luarnya. Anda bisa membersihkan mobil dengan rutin agar mampu mencegah kerusakan seperti contohnya karat yang terdapat di beberapa bagian mobil.

  • Menggunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Penggunaan bahan bakar mobil di sini sangatlah memegang peranan penting dalam meningkatkan performa dari kendaraan itu sendiri. Bagi Anda yang ingin mobilnya tahan lama, maka perlu untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas. 

Tak hanya memperhatikan nilai oktan dari bahan bakar tersebut, melainkan juga kemampuan dari bahan bakar. Bahan bakar berkualitas tentunya akan mampu melindungi serta membersihkan mesin dan juga mampu untuk meningkatkan performa dari mesin mobil agar jadi jauh lebih optimal.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *